Strategi Layanan Birokrasi Di Era Disrupsi

Oleh : H Rudi Irawan, S Sos, M Si
Birokrat Di Pemprov Sumsel dan Ketua IKA FISIP Unsri
Perkembangan teknologi saat ini sedang mengalami disrupsi.
Dalam Kamus Besar Bahasa InÂdonesia (KBBI) disrupsi diartikan hal yang tercabut dari akarnya atau dikenal dengan perÂubahan yang mendasar atau fundamental.
Disrupsi teknologi dikenal sebagai era terÂjaÂdiÂnya iÂnoÂvasi dan perubahan besar-besaran secara fundamental karena hadirnya teknologi diÂgiÂÂtal.
IsÂtilah disrupsi pada dasarnya sudah dikenal sejak lama, guru besar Harvard Business School yaiÂtu Clayton M. Cretensen mempopulerkannya kembali melalui buku yang berÂjuÂdul The InoÂvÂvator Dilemma.
Christensen (1997) dalam Jurnal Transformative 2021 "BiroÂkraÂsi, Disrupsi, dan Anak Muda" menyebut Disrupsi merupakan istilah untuk menjelaskan aÂÂdaÂnya sebuah perÂubahan besar yang mengubah tatanan.
Cara untuk menanggulangi keÂmunÂculan disrupsi yaitu dengan melakukan inovasi.
Mengambil istilah Talcott Parson, disrupsi sebagai perubahan sistem yang sedang terjadi dan menuntut adanya adaptasi dengan perubahan tersebut.
Saat ini Indonesia sedang mengÂhaÂdapi perubahan ini.
0 Response to "Strategi Layanan Birokrasi Di Era Disrupsi"
Post a Comment